Jumat, 19 April 2013

Tanya Jawab Seputar IFA

Sebenarnya IFA itu apa sih?

IFA adalah bisnis berbasis Multi Level Marketing Murni, yang menjual dan memproduksi produk-produk dalam negeri, berusaha menyajikan kemudahan bagi setiap member untuk berbelanja dan memenuhi rupa-rupa kebutuhan seperti tengah berada di department store atau mal-mal terkemuka dengan tingkat kenyamanan seakan di rumah.

Bagaimana cara menjadi member atau agen IFA?

Cukup dengan mengisi data diri secara lengkap, mengumpulkan fotokopi KTP, dan membayar starterkit IFA.

Starterkit IFA berisi apa Saja?

Formulir Pendaftaran Agen IFA
Kartu Member IFA
Katalog Fashion
Katalog Cookware
Buku Kode Etik IFA
Buku Marketing Plan
Meteran Baju
Alat Ukur Kaki
Nota Belanja

Berlaku sampai kapan memberan IFA itu ?

Member IFA berlaku seumur hidup, selama ada transaksi yang terjadi. Jika dalam waktu 1,5 tahun tidak ada transaksi sama sekali, maka member harus melakukan registrasi.

Katalog IFA berlaku berapa bulan?

Katalog Fashion terbit sebulan sekali, dengan harga @ Rp.25.000,- . Beli 2 katalog cukup membayar Rp. 40.000,-.
Sedang katalog cookware  terbit 3 bulan sekali, dengan harga Rp. 7.500/katalog. Beli 3 katalog cukup membayar Rp. 15.000,-.

Apa yang mesti dilakukan oleh Agen IFA?

* Menjual
* Merekrut, dan
* Membina

Kenapa Harus Merekrut?

Karena pada dasarnya, bekerja dalam jaringan itu lebih ringan, daripada bekerja sendirian. Seperti layaknya kita mengangkat 1 kwintal beras, akan sangat berat saat kita berusaha mengangkatnya sendiri. Tapi akan sangat ringan saat kita mengangkatnya dengan banyak orang.

Bukankah dengan merekrut teman dan keluarga, berarti langganan kita berkurang? Rugi dong kita..?

Justru dengan merekrut orang-orang terdekat dan orang di sekitar kita, kita akan untung. Kenapa....? Karena relasi dan kenalan orang-orang yang kita rekrut itu boleh jadi jauh lebih banyak dari apa yang kita ketahui. Sehingga mereka bisa melakukan penjualan ke relasi mereka. Merekapun bisa merekrut orang lain lebih banyak lagi, begitu seterusnya. Dengan begitu, jaringan kita bertambah tanpa kita sadari.
Bandingkan dengan kita hanya menjual kepada mereka, mungkin kita hanya mendapat laba dari mereka saja, tidak sampai ke relasi mereka. Justru kita rugi jika tidak merekrut mereka..

Bagaimana cara order barang di IFA?
  • Menuliskan orderan di depot atau agen yang menerima pemesanan,
  • Memberikan uang DP sebagai tanda jadi,
  • Melunasi total order, saat barang datang.
Barang dengan Foto di katalog apakah sama?

Ya. IFA tidak melakukan edit berlebih pada Foto, sehingga Foto dengan barang aslinya relatif sama. Malah, lebih sering barang aslinya lebih bagus dari Fotonya.

 Apakah barang-barang yang dibeli dari IFA bisa diretur / ditukar?

  • Barang yang bisa ditukar, hanya produk sepatu & sandal. Artinya, jika beli sepatu atau sandal, dan ternyata kebesaran atau kekecilan, bisa tukar ukuran, dengan membayar uang retur 5rb rupiah.
  • Untuk produk lain, bisa retur dengan catatan, bahwa barang yang diterima terdapat cacat produksi, atau ada aksesoris yang rusak, atau aksesoris tidak lengkap. Dengan waktu tukar, tidak lebih dari 1 minggu dari tgl barang diterima.
  • Untuk produk cookware, bisa ditukar bila terjadi kerusakan pada pemakaian normal, sesuai ketentuan yang tercantum dalam katalog cookware.

Bagaimana bila ternyata barang yang diorder tidak ada? Apakah uang dp dikembalikan?

Ya. Jika barang yang diorder ternyata kosong, barang dapat diorderkan ulang, atau uang dp dikembalikan.

Berapa hari barang datang?

Barang datang antara 4-5 hari dari tgl diorderkan ke IFA Pusat.

Apakah ada tutup poin?

Ada.
Jika Agen/member IFA ingin mendapatkan rabat dan keuntungan lain seperti cicilan kendaraan bermotor, perjalanan ibadah, dll, maka Agen IFA harus melakukan tutup poin setidak-tidaknya 30 npv per periode, atau bisa dinominalkan Rp. 300.000,- per periode.

Jika tidak melakukan tutup poin, Agen/member IFA hanya mendapatkan laba langsung dari penjualan yang dilakukannya.

Tiap tanggal berapa tutup poin itu?

Tutup poin dilakukan tiap tanggal 25 setiap bulannya.

Kalau rabat, bisa diterima tiap tanggal berapa?

Rabat biasa dibagikan pada tanggal 18-20 setiap bulannya. Akan tetapi, bagi yang menerima rabat di Bank, transfer dilakukan antara tanggal 13-17 setiap bulannya.

Boleh tidak memasang banner atau iklan?

Boleh. Dengan syarat, tidak mengganggu atau menyinggung pihak lain, dan atau merugikan orang lain. Serta sesuai kode etik beriklan.

...